7 Cara Menambah Berat Badan Bayi

Cara Menambah Berat Badan Bayi - Bunda sedang hamil? Wah, pastinya Anda senang sekali dengan sosok makhluk kecil yang kini sudah mulai bergerak-gerak dalam kandungan, ya. Nah, sudahkah Anda menimbang berapa berat badan janin tersebut?
7 Cara Menambah Berat Badan Bayi
img from kabaribu.com
Pastikan Bunda mengetahui bahwa berat janin dalam kandungan tidak masuk dalam kategori rendah. Sebab, berat janin yang rendah sangat rentan dengan incaran berbagai penyakit pada sang buah hati nantinya. Jadi, penting bagi para bunda sekalian untuk selalu memantau berat badan janin semasa kehamilan, apakah itu berlebih ataupun kurang. Sehingga nantinya kesehatan janin akan tetap selalu terjaga dengan baik serta mencegah dari segala kemungkinan yang tidak diinginkan ketika masa persalinan.

7 Cara Menambah Berat Badan Janin Bayi

Berikut ini beberapa faktor penyebab kekurangan berat badan pada janin yang perlu Anda ketahui.

1. Kekurangan Asupan Gizi
Jika para ibu hamil tidak memperoleh asupan gizi yang cukup dan memadai, maka bisa menimbulkan gangguan kesehatan pada janin kandungan.

2. Umur Ibu Hamil
Wanita yang terlalu muda biasanya lebih berisiko mempunyai janin dengan berat abnormal (tidak ideal), dibandingkan dengan ibu hamil yang berusia di atas 20 tahun. Hal tersebut diakibatkan oleh sistem transfer plasenta pada ibu hamil remaja yang masih kurang efisien dari pada wanita dewasa.

Nah, maka dari itu kabaribu.com ingin memberikan tips apa saja yang bisa Bunda lakukan untuk meningkatkan bobot bayi dalam kandungan? Yuk, simak ulasan cara menambah berat badan janin berikut ini:
Tips Sehat dan Mudah Untuk Menambah Berat Badan Janin (Bayi)

1. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah
Cara menambah berat janin bayi pertama adalah dengan mengonsumsi sayur dan buah. Sayur dan buah sangat penting untuk menaikkan berat badan janin hingga mencapai ideal. Sebab, sayur dan buah mengandung berbagai nutrisi penting yang membantu pertumbuhan berbagai sel, jaringan, hingga organ buah hati.


2. Konsumsi Ikan Laut
Cara Menambah Berat Badan Janin Cara menambah berat janin dalam kandungan yang kedua adalah dengan mengonsumsi ikan laut, misalnya dengan rutin mengonsumsi ikan tenggiri, salmon, ataupun tuna selama masa kehamilan juga sangat dianjurkan. Sebab, kandungan asam lemak omega 3 di dalamnya sangat tinggi dan dapat membantu menaikkan berat badan janin. Selain itu, omega 3 juga sangat bagus dalam membantu perkembangan otak bayi sehingga kelak buah hati dapat tumbuh sehat dan cerdas.


3. Hindari Minuman Bersoda
Cara menambah berat janin yang selanjutnya adalah dengan menghindarilah konsumsi munuman bersoda karena mampu memperburuk kondisi janin dalam kandungan. Selain itu, minuman bersoda umumnya juga menggunakan campuran bahan kimia maupun gula tambahan yang tak baik bagi kesehatan Anda dan calon buah hati.


4. Konsumsi Vitamin Pra Kehamilan
Cara cepat menambah berat janin kandungan berikutnya adalah dengan konsumsi vitamin pra kehamilan. Saat menjalani masa-masa kehamilan, penting bagi Anda untuk rutin mengecek kesehatan diri dan buah hati dengan berkunjung ke dokter spesialis kandungan. Umumnya, dokter akan memberikan Anda asupan vitamin tambahan. Vitamin ini berguna untuk mendukung kesehatan kehamilan serta meningkatkan bobot janin mencapai ideal.

5. Istirahat Yang Cukup
Cara menambah berat badan janin juga bisa dilakukan melalui pengaturan gaya hidup yang sehat. Selama masa kehamilan, usahakan agar Anda tak terlalu capek, ya. Sebab, tubuh yang kelelahan akan kekurangan energi sehingga membongkar berbagai pasokan kalori dalam tubuh. Alhasil, kalori tersebut justru tidak bisa disalurkan dengan baik pada buah hati. Dalam sehari, lakukan tidur siang paling tidak selama dua jam.\

6. Olahraga
Cara menambah berat janin bayi yang mudah dan ringan berikutnya adalah dengan Olahraga. Olahraga saat hamil? Kenapa tidak! Justru ini adalah cara efektif untuk menjaga kesehatan Anda dan buah hati. Olahraga seperti renang maupun jalan-jalan bisa jadi alternatif menarik untuk meningkatkan berat badan janin dalam kandungan. Sebab, janin bisa ikut aktif bergerak dan mengoptimalkan penyerapan kadar nutrisi secara lebih optimal. (Baca juga: 7 Manfaat Senam Ibu Hamil Secara Teratur)

7. Asupan Protein Yang Memadai
Cara menambah berat janin bayi selanjutnya adalah dengan menambah konsumsi asupan protein yang memadai. Yap, anda harus ingat bahwa menambah berat badan janin yang paling penting, yaitu penuhi kebutuhan protein harian selama masa kehamilan bunda sekalian. Anda bisa memperoleh protein dengan mengkonsumsi daging ayam ataupun sapi secara kontinu.

Sumber: https://cahayaibu.com/16-cara-menambah-berat-badan-janin-tersehat/

0 Comments:

Posting Komentar